History Place In Mojokerto

Kabupaten Mojokerto

Mojokerto merupakan salah satu kabupaten di jawa timur yang memiliki banyak tempat bersejarah yang diperhitungkan Majapahit Kingdomsecara nasional. di Mojokerto terdapat tempat bersejarah yang sudah terkenal di seluruh nusantara dan sampai keluar negeri. Di Mojokerto terdapat situs kerajaan Mojopahit, kerajaan yang pernah menjadi penguasa seluruh nusantara Indonesia dan menjadi kerajaan tersohor yang disegani dunia.Situs yang terletak di daerah Trowulan, kabupaten Mojokerto ini telah ditemukan banyak benda – benda arkeologi peninggalan kerajaan Majapahit.

Kata Majapahit berasal dari kata Maja yang artinya buah Maja dan kata pahit dikarenakan rasa buah maja yang pahit. Buah Maja memang banyak terdapat di daerah jawa timur tepatnya ditempat yang diperkirakan sebagai pusat kota kerajaan Majapahit. Sekarang kerajaan Majapahit meninggalkan banyak sekali jejak – jejak yang terletak di Trowulan di daerah kabupaten Majakerto. Situs masa klasik kerajaan Majapahit ini memiliki luas 11 km x 9 km, cakupannya meliputi sebagian daerah kabupaten Mojokerto dan Sebagian daerah kabupaten Jombang. Situs bekas kota kerajaan Majapahit ini dibagun di sebuah dataran yang merupakan penghabisan dari 3 jajaran gunung yaitu gunung Welirang, Penanggungan dan Anjasmara.

Situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang sangat menarik ini diperoleh dari penelitian yang sangat panjang. Penelitian pertama kali dilakukan oleh Wardenaar pada tahun 1815. Beliau mendapatkan tugas dari Raflles pada masa penjajahan belanda untuk mengadakan pencatatan peninggalan arkeologi di daerah Mojokerto. Beliau menemukan banyak benda – benda arkeologi yang merupakan benda – benda peninggalan kerajaan Majapahit. Penelitian – penelitian terus dilakukan karena rasa keinginan tahu akan bentuk kerajaan Majapahit yang pernah menjadi kerajaan terbesar di Nusantara ini. Tanah demi tanah digali kemudian dilakukan eskavasi dan memperoleh benda arkeologi yang memang patut untuk dilestarikan. Sekarang, upaya pelestarian dilakukan Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala dengan memugar dan dipelihara serta dimanfaatkan agar situs penting di Trowulan ini dapat terlindungi.                     458451

Tentunya saat ini banyak peninggalan – peninggalan yang dapat kita lihat, situs bangunan ini telah dipugar dan dipelihara sehingga memberikan kesan yang benar – benar takjub atau keren….situs bangunan itu iyalah : Candi Bajangratu ,Candi tikus ,Candi Brahu, Candi Gentong ,Gapura wringin lawang ,Candi kedaton, Kolam Segaran, benda arkeoligi di Museum Trowulan dan masih banyak lagi…………. pengen tahu gimana bangunan – bangunan itu,… ni….

Situs bangunan yang sekarang terdapat di situs trowulan ini adalah :

Information 1. Gapura Wringin Lawang

2. Candi Bajangratu

3. Candi Tikus

4. Candi Brahu

5.  Situs Kedaton

6. Candi Gentong

7. Kolam Segaranfoto015

8. situs Pendopo Agung

9. Sitinggil

10. Putri Campa

11. Situs Sentono Rejo

12. Museum Trowulan

2 Komentar »

  1. momo Said:

    bagus………

    saya snagat tertolong dengan tulisan anda………

  2. tugastiktruwelu Said:

    foto nya teman2 keren


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: